Cari

Kemenhub Serahkan Operasional Bandara Komodo Ke Swasta

Bandara Komodo Labuan Bajo, Foto: Ist

 

Schoolmedia News, Jakarta - Kementerian Perhubungan resmi menyerahkan pengoperasian Bandara Komodo Labuan Bajo kepada konsorsium pemenenang lelang, yakni PT Cinta Airport Flores (CAF). Penyerahan tersebut dilakukan melalui penandatanganan Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) di Kemenhub, Jakarta, hari ini.

“Ini suatu kegiatan luar biasa, sehingga bisa melakukan penandatanganan. Saya dan Menteri Pariwisata bergembira sekali bisa menjadikan Bandara Komodo menjadi suatu bandara yang dikelola oleh swasta apalagi ada kerja sama dengan Changi,” kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dalam penandatanganan kerja sama tersebut di Jakarta, Jumat, 7 Februari 2020. 

Namun, Budi Karya menekankan bahwa bandara tersebut bukan dijual, melainkan dikerjasamakan dan mendapatkan konsorsium dan izin konsesi selama 25 tahun.

“Swasta uang yang luar biasa lebih Rp 1 triliun, lebih tepatnya Rp 1,2 triliun, mengapa kita lakukan ini supaya anggaran yang semenstinya digunakan untuk mengembangkan Labuan Bajo bisa membangun pelabuhan atau bandara yang ada di Papua, Sulawesi Utara, Aceh dan sebagainya,” katanya.

 

Baca juga: Jokowi Minta BUMN-Swasta Bantu Danai Riset

 

Selain itu, ia menyebutkan kerja sama ini merupakan tindak lanjut arahan Presiden Joko Widodo untuk mengembangkan lima destinasi super prioritas, termasuk Labuan Bajo.

“Saya berharap harap investor mengerjakan Bandara Komodo dengan serius dan saya minta dukungan Menteri Pariwisata untuk melakukan suatu upaya tertentu baik itu promosi maupun dekorasi warna keaslian dari Labuan Bajo,” katanya

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Pariwisata Wishnutama Kusubandio menyambut baik ada KPBU terutama untuk meningkatkan jumlah wisatawan mancanegara.

“Ini momentum yang penting khususnya untuk Labuan Bajo karena Labuan Bajo salah satu destinasi super prioritas yang kita bangun. Kita harapkan dengan adanya Bandara Komodo yang nantinya akan direnovasi diperbaiki, jadi memang ini akan mendatangkan wisatawan dari mancanegara lebih banyak. Adalah hal yang sangat penting untuk kemajuan destinasi Labuan Bajo ke depannya,” katanya.

 

Baca juga: Mantan Menkeu JB Sumarlin Wafat. Ini Kesan Sri Mulyani!

 

Dalam pengembangan fasilitas pariwisata Labuan Bajo, Wishnutama menjelaskan, pihaknya akan bekerja sama dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

“Bersamaan Kementerian PUPR dan Kementerian Perhubungan juga membangun berbagai macam infrastruktur untuk menunjang keberhasilan, pada saat ini bandara ini sudah bisa menerima banyak wisatawan. Ini kerja sama sangat erat khususnya Kemenhub dan PUPR di berbagai macam bidang di Labuan Bajo dan juga nanti bicara soal promosi pembangunan banyak sekali yang mesti dikerjakan,” katanya.

Presiden Direktur CAF Iman Oloan Sjafar mengatakan akan menempatkan Bandara Komodo sebagai gerbang bagi Flores, terutama dalam mewujudkan misi Pemerintah untuk meningkatkan konektivitas nasional dan internasional. 

 

Baca juga: Agar Mampu Selamatkan Diri Saat Bencana, 100 Siswa SLB Belajar SAR

 

Selain itu juga untuk meningkatkan jumlah penumpang dari 720.000 penumpang saat ini sampai dengan empat juta penumpang per tahun dan kargo sebesar 3.500 ton per tahun di tahun 2044.

"Kami mendukung program, visi, dan misi Pemerintah yang menargetkan agar jumlah penumpang di Bandara Komodo ke depannya dapat mencapai empat penumpang per tahun. Maka, kami akan melaksanakan hal hal yang sudah disetujui bersama dan yang tertulis di dalam perjanjian KPBU. Salah satunya seperti perluasan terminal untuk mencukupi kebutuhan traffic yang semakin berkembang,” kata Iman.

Adapun CAF telah menyiapkan dana untuk belanja modal (capital expenditure) sebesar Rp 1,203 triliun. Dana tersebut untuk membiayai pembangunan dan pengembangan Bandar Udara Komodo. Perinciannya, untuk membangun, perpanjangan landasan pacu, pelebaran apron, penambahan 2 terminal baru, perkerasan runway dan taxiway serta akan digunakan untuk fasilitas pendukung lainnya.

 

Baca juga: Gandeng Institut Teknologi Jepang, Kemdikbud Tingkatkan Kerjasama Pendidikan Tinggi

 

Sementara itu, Pemerintah juga berkomitmen memberikan dukungan dalam bentuk pembebasan lahan yang akan dimulai tahun ini. Bahkan, untuk memastikan terealisasinya proyek ini, Pemerintah juga memberikan dukungan dalam bentuk pemberian jaminan terhadap risiko risiko yang mungkin timbul melalui Penjaminan lnfrastruktur Indonesia (Pll).

CAF adalah Badan Usaha Pelaksana (BUP) yang dibentuk oleh Konsorsium yang dipimpin oleh PT Cardig Aero Services Tbk (CASS). Sedangkan CASS adalah perusahaan nasional yang bergerak di bidang jasa penunjang transportasi udara sejak 36 tahun yang lalu, jasa solusi boga, dan jasa Iainnya yang terdepan di Indonesia.

Bersama dengan CASS, Changi Airports International PTE LTD (CAI) dan perusahaan afiliasinya juga merupakan bagian di dalam konsorsium. Pada struktur pemegang saham CAF, CASS tercatat sebagai pemegang saham mayoritas dengan memiliki 80 persen dari total saham CAF. Sementara, CAI dan afiliasinya tercatat memiliki 20 persen dari total saham CAF.

 

Baca juga: Pertimbangkan Kemajuan Bangsa, Malaysia Ajarkan Sains dan Matematika Pakai Bahasa Inggris

 

Adapun bentuk skema KPBU ini mencakup rancang-bangun-pembiayaan-guna-pelihara-serah (Design Build Finance Operate Maintain Transfer atau DBFOMT) dengan masa konsesi selama 25 tahun.

Melansir dari laman http://www.dephub.go.id/, nilai investasi untuk pengelolaan Bandar Udara Komodo – Labuan Bajo sebesar Rp . 1.203.314.000.000,- (Satu Trilyun Dua Ratus Tiga Milyar Tiga Ratus Empat Belas Juta Rupiah) dan estimasi total nilai biaya operasional selama 25 tahun Rp. 5.733.817.000.000,- (Lima Trilyun Tujuh Ratus Tiga Puluh Tiga Milyar Delapan Ratus Tujuh Belas Juta Rupiah).

Selanjutnya, Pengelola Bandar Udara Komodo memiliki kewajiban untuk membayar Konsesi dimuka sebesar Rp. 5.000.000.000,- (Lima Milyar Rupiah) dan Konsesi Tahunan dari Pendapatan Bandar Udara Komodo – Labuan Bajo sebesar 2,5 % dengan pembayaran bertahap 2 (dua) kali setiap tahun yang kemudian akan meningkat per tahun dengan kenaikan 5 % dari biaya konsesi tahun sebelumnya, serta Clawback sebesar 50%.
 

Lipsus Selanjutnya
Indonesia Triathlon Series Bakal Dorong Industri Pariwisata Olahraga
Lipsus Sebelumnya
Menaker: Pelatihan Karyawan oleh Perusahaan Masih Minim

Liputan Khusus Lainnya:

Comments ()

Tinggalkan Komentar