Schoolmedia News Jakarta —-- Kepala Badan Standar, Kurikulum dan Asesmen Pendidikan, Anindito Aditomo menegaskan Survei Lingkungan Belajar (Sulingjar) dijenjang Satuan Pendidikan Anak Usia Dini yang akan dilaksanakan pada 25 September hingga 22 Oktober 2023 merupakan bagian dari upaya untuk mewujudkan perubahan cara pikir atau cara pandang (mindset) guna mendorong terjadinya perbaikan pembelajaran di semua ruang satuan pendidikan di Indonesia.
Demikian dikatakan Kepala BSKAP yang menjadi pembicara kunci dalam Webinar Sulingjar PAUD dengan tema Sambut Survei Lingkungan Belajar PAUD dengan Berbinar yang disiarkan langsung dikanal YouTube PAUDPEDIA di Jakarta, Jumat (15/9). Pembicara lain yaitu Plt Direktur PAUD, Komalasari, Kepala Pusat Asesmen Pendidikan, Asrijanty dan Seto Setiawan dari Pusdatin. Webinar yang disaksikan 53.645 penayayangan dimoderatori Yulia Indriati dari Yayasan Rangkul Keluarga Kita.
Dalam pelaksanaan Sulingjar, ujar Anindito Aditomo, kementerian tidak sekadar mengambil dan mengumpulkan data saja. Lebih dari itu sejatinya pihaknya sudah cukup memiliki data. Namun pemerintah ingin mengajak seluruh ekosistem di satuan pendidikan secara bersama bergerak melakukan perubahan yang akan berdampak baik agar asesmen nasional ini menjadi umpan balik bagi setiap satuan pendidikan.
Kepala BSKAP berharap seluruh pemangku kepentingan pendidikan mulai daribPemda sampai ke pemerintah pusat agar bersama-sama mengetahui kondisi satuan pendidikan di daerah agar kualitas pembelajaran, kualitas pendidikan di sekolah secara tepat diketahui bersama data serta informasinya.
"Dengan dimilikinya data serta informasi yang tepat disetiap satuan pendidikan di daerahnya, maka apa yang perlu diperbaiki dan apa yang perlu diprioritaskan dan bagaimana cara memperbaikinya, itu semua merupakan bagian dari asesmen nasional. Hal itu menjadi komponen guna memotret berbagai aspek proses dan praktik pembelajaran apa yang telah dilakukan kepala sekolah," ujarnya.
Dikatakan Sulingjar PAUD akan bermanfaat ketika nantinya data dan informasi yang diperoleh akan digunakan sebagai dasar untuk menyusun rencana perbaikan satuan pendidikan. "Sekali lagi kami sampaikan Sulingjar merupakan upaya kita untuk memperbaiki kondisi satuan pendidikan," ujarnya
Tahun ini, lanjutnya untuk pertama kalinya jenjang PAUD melaksanakan survei lingkungan belajar. Oleh sejumlah pihak survei ini sangat dharapkan dan menjadii sesuatu yang sangat ditunggu Saya yakin dengan pelaksanaan Sulingjar PAUD yang juga dilakukan dijenjang pendidikan dasar dan menengah merupakan upaya perbaikan berkelanjutan untuk mewujudkan pelayanan PSUD Berkualitas.
Dikatakan Sulingjar dapat dimaknai sebagai proses formatif karena hasil dari assessment akan digunakan oleh pertama Bapak dan ibu di satuan pendidikan untuk memastikan bahwa setiap anak usia dini di satuan pendidikan itu bisa mendapatkan layanan yang baik. Kita semua tahu masa usia dini adalah masa yang sangat penting untuk perkembangan tumbuh kembang anak. Dan merupakan kesempatan yang tidak kembali. Karena itu melalui Sulingjar dapat memastikan agar semua anak punya kemampuan fondasi yang menjadi dasar bagi tumbuh kembang pembelajaran mereka selanjutnya.
"PAUD adalah kesempatan yang tidak akan datang dua kali. Dengan mengikuti Sulingjar maka satuan pendidikan dan Pemerintah Daerah dapat memastikan bahwa setiap anak usia dini mendapatkan haknya dalam pengembangan kemampuan pondasi mereka seutuhnya. Dan ini tentu akan terwujud hanya jika lingkungan belajar mereka di satuan PAUD itu berkualitas. Melalui Sulingjar PAUD satuan pendidikan akan mampu mendapatkan informasi tentang kualitas pelayanan yaitu sehingga pemerintah daerah dan satuan PAUD sendiri meningkatkan kualitas layanan tersebut informasi ini juga akan digunakan oleh kami di pemerintah pusat oleh pemerintah daerah dan utamanya di satuan pendidikan sendiri agar mengetahui apa saja yang sudah berjalan baik tapi mungkin juga apa saja yang masih perlu ditingkatkan.
Ditambahkan satuan pendidikan juga dapat melakukan identifikasi juga apa yang tidak baik. Hal ini akan membantu dalam menentukan apa yang perlu diprioritaskan. Jangan sampai sumber daya sekolah yang terbatas digunakan untuk berbagai hal yang sebetulnya tidak langsung berdampak pada kebutuhan peserta didik.
Sulingjar akan lebih menyasar faktor-faktor yang memang paling berdampak pada anak atau peserta didk. Harus diakui banyak satuan pendidikan ternyata belum optimal dalam menjalin kemitraan dengan orang tua. Dikalender pendidikan sekolah bisa menambahkan upaya-upaya bermitra dengan orang tua murid secara tepat.
Satuan PAUD belum memanfaatkan akses untuk memetakan kemampuan awal minat murid maka salah satu tindak lanjutnya mungkin adalah pelatihan pada para pendidik tentang cara menerapkan asesmen untuk anak usia din. Sulingjar juga selaras dengan aspek-aspek yang diukur dalam penilaian diakreditasi yang merupakan bagian dari evaluasi eksternal. Selaras dengan kredit bukan berarti ada sesuatu yang berbeda dan terpisah. Secara konseptual kita tahu bahwa akreditasi adalah cermin kualitas layanan PAUD yang merupakan bukti komitmen satuan PAUD dalam menyelenggarakan layanan pendidikan sesuai dengan standar nasional pendidikan
Saat ini, lanjutnya BSKAP sedang mengoperasikan peran akreditasi sebagai upaya untuk memastikan setiap layanan yang diberikan pada anak usia dini yang berkualitas. Kita semua tahu bahwa manfaat dari ikut jenjang PAUD hanya bisa dicapai kalau layanan yang berkualitas terwujud. Karena pentingnya akreditasi diikuti satuan PAUD ada payung hukum pertama permendikbudristek Nomor 32 tahun 2002 tentang standar pelayanan minimal yang menyatakan bahwa capaian pemerintah daerah di jenjang PAUD itu diukur dari keberhasilannya mendampingi satuan PAUD agar siap dan mendapatkan hasil akreditasi yang baik minimal B.
Selain itu pentingnya akreditasi juga tertuang didalam Permendikbudristek tentang akreditasi yang baru nomor 38 tahun 2023 dimana akreditasi saat sekarang bersifat umum termasuk untuk jenjang paud. Setiap satuan PAUD sebenarnya punya kewajiban untuk memenuhi standar minimal yang akan dievaluasi melalui akreditasi tentu anda masa transisi sekitar 2 tahun untuk menerapkan kewajiban dari akreditasi PAUD ini.
"Manfaat dari akreditasi ini bagi orang tua atau masyarakat adalah meyakinkan masyarakat bahwa layanan yang ditawarkan itu merupakan layanan yang baik. Artinya keberadaan akreditasi sebuah upaya yang tidak terpisahkan untuk memastikan bahwa layanan untuk anak-anak kita itu memang berkualitas. Untuk menyiapkan akreditasi melalui Sulingjar PAUD juga bermanfaat bagi kami pemerintah pusat. Sulingjar yang dilakukan Kemendikbudristek ini perlu mendapat pendampingan Pemerintah Daerah melalui kebijakan dan dukungan alat bantu bagi satuan PAUD juga bisa menggunakan untuk memetakan dan mengidentifikasi satuan PAUD mana yang sudah baik dan bisa diajak untuk berbagi praktik baik," ujarnya
Selain itu, lanjutnya juga sekaligus mengidentifikasi satuan PAUD mana yang belum optimal dan perlu bantuan lebih intensif untuk memperbaiki kualitas layanannya. Peran pemerintah pusat dan pemerintah daerah terhadap satuan pendidikan itu sangat diperlukan di dalam menyukseskan Sulingjar. Kepala sekolah sebagai pemimpin pembelajaran bukan hanya pemimpin administratif, namun sebagai aktor perubahan juga mendorong proses refleksi berkelanjutan
Dinas pendidikan dan mitra-mitra kemdikbudristek lainnya perlu untuk terlibat mensukseskan pelaksanaan Sulingjar karena dimasa depan akan memanfaatkan hasilnya dan memastikan bahwa itu berguna untuk mewujudkan ekosistem pembelajaran. Partisipasi kita semua dalam Sulingjar PAUD ini adalah wujud kontribusi nyata kita semua untuk pertama-tama menyediakan data kualitas pembelajaran dan pengelolaan satuan PAUD dikala nasional. Sulingjar PAUUD ini belum pernah ada sebelumnya.
"Jadi ini pertama kali kita akan punya data pemetaan kualitas pembelajaran dan pengelolaan satuan PAUD di seluruh Indonesia. Kedua yang lebih penting adalah memanfaatkan data untuk melakukan refleksi sebagai umpan balik dan perencanaan yang lebih baik untuk perbaikan kualitas selanjutnya. Melalui webinar ini mari kita pahami lebih lanjut tentang apa yang ada di dalam Sulingjar bagaimana cara kita berpartisipasi di dalam suling Jar Itu ini sekali lagi bukan hanya sebuah survei ini adalah upaya untuk terjadinya budaya evaluasi yang mendorong praktik baik perbaikan pembelajaran perbaikan tata kelola di semua satuan PAUD di Indonesia," tutupnya.
eko tim schoolmedia
Tinggalkan Komentar