Cari

Empat Modul Pelatihan Guru Penggerak

 

Pendidikan guru penggerak yang bertujuan mendapatkan pemimpin pembelajaran yang mendorong tumbuh kembang murid secara holistik, aktif dan proaktif dalam mengembangkan pendidik lainnya untuk mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat kepada murid, serta menjadi teladan dan agen transformasi ekosistem pendidikan untuk mewujudkan profil Pelajar Pancasila tentunya harus dilakukan sebaik mungkin dengan materi dan capaian tujuan yang diharapkan.

Ada empat modul yang harus diselesaikan oleh calon guru penggerak dengan waktu yang berbeda-beda dan capaian yang sesuai tujuan.

 

Modul 1 : Paradigma dan Visi Guru Penggerak

Topik Pembelajaran

  • Filosofi Pendidikan Indonesia
  • Nilai-nilai dan peran Guru Penggerak
  • Membangun visi sekolah
  • Membangun budaya positif di sekolah

Durasi pembelajaran: Dua (2) bulan

Capaian pembelajaran

  1. Calon Guru Penggerak mampu memahami filosofi pendidikan Ki Hadjar Dewantara dan melakukan refleksi kritis atas hubungan nilai-nilai tersebut dengan konteks pendidikan lokal dan nasional pada saat ini.
  2. Calon Guru Penggerak mampu menjalankan strategi sebagai pemimpin pembelajaran yang mengupayakan terwujudnya sekolah sebagai pusat pengembangan karakter dengan budaya positif.
  3. Calon Guru Penggerak mampu mengembangkan dan mengkomunikasikan visi sekolah yang berpihak pada murid kepada para guru dan pemangku kepentingan.

Modul 2 : Praktik Pembelajaran yang Berpihak pada Murid

Topik Pembelajaran

  • Pembelajaran berdifferensiasi
  • Pembelajaran emosi dan sosial
  • Coaching

Durasi pembelajaran: Dua (2) bulan

Capaian pembelajaran

  1. Calon Guru Penggerak dapat mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi untuk mengakomodasi kebutuhan belajar siswa yang berbeda.
  2. Calon Guru Penggerak mampu mengelola emosi dan mengembangkan keterampilan sosial yang menunjang pembelajaran.
  3. CGP mampu melakukan praktik komunikasi yang memberdayakan sebagai keterampilan dasar seorang coach .
  4. Calon Guru Penggerak mampu menerapkan praktik coachingsebagai pemimpin pembelajaran.

Modul 3 : Pemimpin Pembelajaran dalam Pengembangan Sekolah

Topik Pembelajaran

  • Pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran
  • Pemimpin dalam pengelolaan sumber daya
  • Pengelolaan program yang berdampak pada murid

Durasi pembelajaran: Dua (2) bulan

Capaian pembelajaran

  1. Calon Guru Penggerak mampu melakukan praktik pengambilan keputusan yang berdasarkan prinsip pemimpin pembelajaran.
  2. Calon Guru Penggerak mampu melakukan strategi pengelolaan sumber daya manusia, keuangan, waktu, dan sarana dan prasarana yang dimiliki oleh sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang berdampak pada murid.
  3. Calon Guru Penggerak mampu merencanakan, mengorganisasikan, dan mengarahkan program perbaikan dan perubahan sekolah, serta memantaunya agar berjalan sesuai rencana dan mengarah pada tujuan.
  4. Calon Guru Penggerak mampu mengembangkan kegiatan berkala yang memfasilitasi komunikasi murid, orangtua dan guru serta menyediakan peran bagi orangtua terlibat dalam proses belajar yang berdampak pada peningkatan kualitas pembelajaran.

Modul 4 : Selebrasi, Refleksi, Kolaborasi, dan Aksi

Topik Pembelajaran

  • Menjadi fasilitator kelompok dan perubahan
  • Penyegaran topik-topik inti di modul 1, 2, dan 3
  • Mengevaluasi proses mentoring bersama mentor
  • Membagikan praktik baik kepemimpinan pembelajaran.

Durasi pembelajaran: Tiga (3) bulan

Capaian pembelajaran

  1. CGP merefleksikan perannya sebagai GP dan strategi yang telah dijalankan sebagai guru penggerak.
  2. CGP berbagi praktik baik dengan rekan sejawat.
  3. CGP membuat rencana tindak lanjut dan kolaborasi dengan rekan sejawat.
  4. Calon guru penggerak membuat rencana tindak lanjut dan berkolaborasi dengan rekan sejawat.
Lipsus Selanjutnya
Hari Perempuan Internasional, Kesetaraan dan Keadilan Gender Keniscayaan
Lipsus Sebelumnya
Bantuan Tunai Bagi 2,76 Juta PKL dan Nelayan

Liputan Khusus Lainnya:

Comments ()

Tinggalkan Komentar