
Kemendikdasmen dan Bank BTN Gelar âKampanye Anak Indonesia Hebatâ di Bandar Lampung, Perkuat Pendidikan Karakter dan Pengenalan Literasi Finansial Sejak Usia Din
Schoolmedia News Lampung â Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah (Kemendikdasmen), melalui Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), secara resmi meluncurkan program strategis "Kampanye Anak Indonesia Hebat Tahap-4" di Provinsi Lampung pada Rabu, 19 November 2025.
Kegiatan yang dipusatkan di Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Lampung ini merupakan bagian dari komitmen Kemendikdasmen untuk meningkatkan kualitas pendidikan sesuai UU Sisdiknas dan mewujudkan PAUD Berkualitas melalui strategi "Partisipasi Semesta".
Kampanye "Anak Indonesia Hebat" adalah sebuah gerakan nasional yang digagas oleh Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah (Kemendikdasmen) untuk membangun karakter positif dan gaya hidup seimbang pada anak-anak Indonesia, sebagai fondasi menuju Generasi Emas Indonesia 2045.
Fokus utama kampanye ini adalah menyosialisasikan Penguatan Pendidikan Karakter, khususnya implementasi 7 Kebiasaan Anak Indonesia Hebat (7 KAIH) dan inisiatif Pagi Ceria, serta menguatkan peran orang tua dalam pendidikan dan pengasuhan anak usia dini.
Direktur PAUD menjelaskan, Kampanye Anak Indonesia Hebat ini secara spesifik bertujuan untuk:
* Mensosialisasikan 7 Kebiasaan Anak Indonesia Hebat dan Pagi Ceria.
* Menguatkan peran orang tua dalam pendidikan dan pengasuhan anak usia dini.
* Memperkuat peran Unit Kesehatan Sekolah (UKS) di Satuan PAUD.
âTujuan utama gerakan ini adalah untuk menanamkan delapan karakter bangsa, yang mencakup religius, bermoral, sehat, cerdas dan kreatif, kerja keras, disiplin dan tertib, mandiri, serta bermanfaat bagi sesama, melalui pembiasaan tujuh kebiasaan baik dalam kehidupan sehari-hari,â ujar Direktur Pendidikan Anak Usia Dini Ditjen PAUD Dikdasmen, Dr Nia Nurhasanah M.Pd.
Sebagai mitra kolaborasi, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) terlibat aktif sebagai narasumber edukasi literasi finansial, memberikan bekal penting bagi anak-anak dan orang tua dalam menanamkan kebiasaan menabung sejak dini. BTN juga turut memberikan dukungan penyediaan school kit dan konsumsi bagi peserta.
Kampanye ini melibatkan total 495 peserta yang berasal dari 15 Satuan PAUD di Kota Bandar Lampung. Rincian peserta terdiri dari 225 anak usia dini, 225 orang tua, dan 45 guru.
Kampanye Anak Indonesia Hebat dihadiri oleh Wakil Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah serta Walikota/Bunda PAUD setempat, bersama jajaran narasumber dari Staf Ahli Menteri, Direktur Jenderal PAUD Dikdasmen, dan Badan Standar Kebijakan dan Asesmen Pendidikan (BSKAP).
Rangkaian kegiatan utama dalam peluncuran ini meliputi:
* Workshop Khusus: Sesi penguatan bagi orang tua dan guru mengenai pentingnya PAUD, pola asuh positif, dan penguatan UKS di Satuan PAUD.
* Aktivitas Interaktif Anak: Termasuk Senam Anak Indonesia Hebat dan Permainan Ular Tangga 7 KAIH yang mendidik.
* Pemberian Bantuan Simbolis: Penyerahan simbolis bantuan Revitalisasi (Revit), Bantuan IFP, dan Pojok Baca sebagai dukungan terhadap peningkatan kualitas sarana dan prasarana pendidikan.
Direktorat PAUD Ditjen PAUD Dikdasmen memberikan bantuan Pojok Baca Anak Ruang Publik di arena bermain atau Play Graund ruang publik. Secara simbolis Direktorat PAUD juga memberikan bantuan Pojok Baca kepada 15 satuan PAUD yang mengikuti Kampanye Anak Indonesia Hebat.
Diharapkan, hasil dari kegiatan ini adalah meningkatnya kesadaran masyarakat tentang pentingnya wajib belajar 1 tahun pra sekolah sebagai fondasi pendidikan dasar, serta terciptanya kolaborasi yang kuat antara sekolah, orang tua, dan masyarakat, demi mewujudkan lingkungan belajar yang sehat, aman, dan menyenangkan, sehingga anak-anak Indonesia tumbuh menjadi generasi yang berkarakter, cerdas, dan berdaya saing.
Kampanye ini dilaksanakan melalui berbagai inisiatif, termasuk penciptaan lagu dan senam "Anak Indonesia Hebat" untuk memfasilitasi penerapan kebiasaan ini secara menyenangkan di lingkungan sekolah dan keluarga.
Sebagai bukti keberhasilan pendekatan komunikasi publik yang kreatif dan berdampak luas, Kemendikdasmen bahkan meraih penghargaan Best Creative PR Campaign pada ajang Impactful Public Relations Awards (IMPRA) 2025 yang diselenggarakan oleh International Association of Business Communicators (IABC) Indonesia untuk kampanye ini.
Tim Schoolmedia
Tinggalkan Komentar