Schoolmedia News Bogor --- Transisi PAUD-SD merupakan proses perpindahan peran anak sebagai peserta didik PAUD menjadi peserta didik SD dan penyesuaian diri anak dengan lingkungan belajar baru. Kesiapan bersekolah harus berangkat dari tujuan pembelajaran yang sesungguhnya, yaitu memastikan setiap anak mendapatkan haknya untuk memiliki kemampuan fondasi untuk menjadi pembelajar sepanjang hayat, di tingkatan kelas manapun. Sehingga, transisi PAUD-SD merupakan upaya untuk memastikan setiap anak mendapatkan haknya terlepas dari manapun titik berangkat anak.
Demikian dikatakan Plt Direktur Pendidikan Anak Usia Dini Ditjen PAUD Dikdasmen Kemendikbudristek, Komalasari dalam Koordinasi PDM-18 Transisi PAUD-SD Finalisasi Panduan Forum Komunikasi PAUD-SD dan Booklet Transisi PAUD-SD, Sabtu-Senin, 10-12 Desember 2022.
Menurut Komalasari, tidak dapat dipungkiri saat ini masih ditemukan banyak anak yang langsung masuk kelas 1 SD dan membuat mereka tidak mendapatkan fase fondasi yang menjadi hak-nya. Kondisi ini semakin marak terjadi di masa pandemi. Oleh karena itu, perlu adanya berbagai alat bantu dan laman yang dapat digunakan sebagai media komunikasi untuk memberikan informasi tentang pengertian, prinsip, mekanisme dan rambu-rambu dalam penguatan transisi PAUD-SD ini agar pelaksanaannya dapat berhasil baik di tingkat pusat, daerah, sampai ke satuan pendidikan dan orangtua/masyarakat.
"Dalam transisi PAUD-SD ada berbagai komponen/stream yang dihadirkan untuk mendukung Transisi PAUD-SD. Komponen/stream tersebut didukung oleh 6 (enam) satker yaitu Dit. PAUD, Dit. SD, Dit. Guru PAUD dan Dikmas, Dit. Guru Pendidikan Dasar, Puskurbuk, dan Pusbuk. Dalam kolaborasi dan sinergi antar satker tersebut, juga didukung oleh PDM 07 (Publikasi dan Advokasi kebijakan)," ujarnya.
Dikatakan, guna membangun koordinasi antara PAUD-SD secara sistemik dan berkelanjutan, maka dibutuhkan dukungan dari berbagai pemangku kepentingan. Salah satu dukungannya adalah dari Forum Komunikasi PAUD-SD.
Diharapkan seluruh Kabupaten/Kota membentuk maupun mengaktivasi Forum Komunikasi PAUD-SD untuk penguatan advokasi dan wadah belajar bersama bagi satuan PAUD dan SD yang tidak satu atap. Forum Komunikasi PAUD SD juga dapat mendorong komunitas belajar dalam rangka memfasilitasi proses guru PAUD dan SD belajar bersama. Dengan peran aktif Forum Komunikasi PAUD-SD maka transisi PAUD ke SD dapat direalisasikan dengan tepat.
Dijelaskan, guna memastikan bahwa setiap pemangku kepentingan dapat melaksanakan transisi PAUD-SD sesuai dengan peran masing-masing, dibutuhkan dukungan dari mitra pembangunan. Sehubungan dengan hal tersebut, sangat dibutuhkan penyusunan strategi rencana advokasi agar pesan Transisi ini sampai ke level satuan pendidikan PAUD maupun SD. Untuk itu kami berharap UNICEF dapat mengambil peran terkait hal ini.
Forum Komunikasi PAUD-SD sebagai wadah untuk berbagi informasi dan berkoordinasi antara perangkat sekolah di tingkat PAUD dan SD dibawah koordinasi Dinas Pendidikan kabupaten/kota tentang bagaimana menciptakan transisi yang baik dari PAUD ke SD kelas awal, serta untuk menyelaraskan praktik-praktik pembelajaran di SD agar dapat mendukung pembelajaran di PAUD dan sebaliknya.Rencana advokasi juga dapat disusun agar gerakan transisi ini dapat segera diserukan kepada seluruh pemangku kepentingan.
Untuk mendukung Transisi Pendidikan Anak Usia Dini hingga Sekolah Dasar di seluruh Indonesia, maka dipandang perlu menyediakan Panduan Penyelenggaraan Forum Komunikasi PAUD-SD yang memuat antara lain tentang tujuan pembentukan Forum Komunikasi PAUD-SD, perubahan yang ingin dicapai, dukungan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah dalam penguatan Transisi PAUD-SD, tahapan penyelenggaraan Forum Komunikasi PAUD-SD, serta monitoring dan evaluasi Forum Komunikasi PAUD-SD.
Panduan ini diharapkan dapat digunakan oleh para pemangku kepentingan, antara lain Unit Pelaksana Teknis Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan/Balai Penjaminan Mutu Pendidikan, Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, Penilik PAUD dan Dikmas, Pengawas TK,
Pengawas SD, Pengelola PAUD dan Kepala Sekolah SD, Guru PAUD dan Guru SD, Pusat Kegiatan Gugus (PKG) PAUD, Kelompok Kerja Guru (KKG) SD, serta instansi dan organisasi terkait di wilayah kerja Kabupaten/kota yang melaksanakan penyelenggaraan Forum Komunikasi PAUD-SD.
Untuk itu diharapkan seluruh kabupaten/kota memiliki Forum Komunikasi PAUD-SD dalam mendorong aktivasi komunitas belajar yang memfasilitasi proses guru PAUD dan SD belajar bersama.
Penulis dan Foto : Eko Harsono
Tinggalkan Komentar