Cari

ITB Masuk 200 Besar Perguruan Tinggi Terbaik Se-Asia Pasifik

Kampus ITB, Foto: international.itb.ac.id

 

Institut Teknologi Bandung masuk 200 besar perguruan tinggi terbaik tingkat Asia-Pasifik. Pengumuman tersebut dikeluarkan Times Higher Education (THE) 2019. Di Indonesia, ITB masuk perguruan tinggi terbaik kedua.

Direktorat Humas dan Publikasi dalam siaran persnya di Bandung, menyatakan atas pencapaian tersebut, Rektor ITB Kadarsah Suryadi menyampaikan rasa syukur dan terima kasih karena dukungan semua pihak. 

"Terutama kepada pemerintah melalui Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) yang telah memberikan bantuan dalam berbagai bentuk, baik pendanaan dan kebijakan yang semuanya mengerucut kepada 'world class university'," kata Suryadi, Senin, 25 Februari 2019.

Menurut Suryadi, tujuan utama majunya perguruan tinggi bukan hanya diukur pada ranking, melainkan pada proses "continuous improvement" atau perbaikan berkelanjutan.

"Dan kita harapkan semoga semua perguruan tinggi di Indonesia maju bersama-sama dengan semangat 'world class university' dan 'continuous improvement'," kata Suryadi.

Selain masuk 200 besar, THE merilis dalam bidang "emerging economies", ITB juga masuk ranking ke-164 se-Asia Pasifik. Metodologi yang digunakan THE adalah aspek citations (30 persen), industry income (2,5 persen), international outlook (7,5 persen), research (30 persen), teaching (30 persen).

Berdasarkan rilis pemeringkatan QS University Ranking 2019, ITB berada di rangking 359 dunia dan masuk terbaik kedua di Indonesia. Pada skala Asia, menurut QS World, ITB berada di ranking ke-73. 

Adapun jika dilihat ranking by subject, ITB masuk di ranking 51-100 untuk Art and Design, dan berdasarkan Graduate Employability Ranking berada di rangking 301-500. Terkait ranking tersebut, Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi, dan Kemitraan ITB Bambang Riyanto Trilaksono mengatakan capaian yang diperoleh harus menjadi tantangan ke depan untuk terus melakukan peningkatan ranking, baik skala Asia maupun dunia. 

Menurut Bambang, dalam melakukan pemeringkatan, THE dan QS World Ranking memiliki metodologi yang sedikit berbeda, namun juga memiliki kesamaan, seperti kesamaan yang menonjol adalah produktivitas dan kualitas dari riset dan publikasinya, sitasi, jumlah mahasiswa asing, dan jumalah dosen asing.

Kriteria atau metodologi tersebut, kata Bambang, dipelajari oleh ITB untuk melakukan inisiatif, melaksanakan suatu program yang mendukung pencapaian pada pemeringkatan itu.

"Misalnya kita melakukan program mengundang mahasiswa dari luar negeri untuk 'stay' di ITB selama 2-3 minggu dengan instruktur dari ITB dan dari luar. Kemudian kita juga mengundang 'scientist' dari luar untuk 'stay' di ITB dan melakukan riset bersama dengan dosen ITB," ujar Bambang. 

Saat ini, kata Bambang, ITB juga melakukan hibah riset kolaboratif dengan tiga kampus lain, yaitu IPB, UGM, dan Unair. Dengan riset kolaboratif, Bambang melanjutkan, diharapkan meningkatkan publikasi jurnal Q1 dan meningkatakan sitasi ITB.

"Jadi kita mempunyai berbagai program untuk meningkatkan peringkat kita, tapi yang lebih fundamental daripada tujuan meningkatkan rangking, sebenarnya untuk peningkatan kualitas perguruan tinggi itu sendiri. Jadi bukan semata-semata untuk ranking tapi ingin meningkatkan kualitas," kata Bambang.

Berita Selanjutnya
Disdik Rejang Lebong Akui Sekolah Swasta Maju
Berita Sebelumnya
Bagian dari Pembentukan Karakter, Guru Harus Dorong Budaya Meneliti Siswa

Berita Lainnya:

Comments ()

Tinggalkan Komentar